Korelasi Iklan Obat Demam di Televisi Terhadap Pemilihan Obat pada Swamedikasi
Main Article Content
Abstract
 [A1]Bagaimana menjelaskan hasil analisis dari korelasi spearman
 [A2]Sudah direvisi
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The authors retain the copyright and grant the journal the right of first publication simultaneously under the Creative Commons Attribution License. This license allows others to share the work with proper acknowledgment of authorship and initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to deposit their articles in institutional repositories, on their personal websites, or in other online repositories after the article has been published in JSFK.
References
World Health Organization (WHO). The role of the pharmacist in self-care and self-medication. Geneva: WHO; 1998.
Departemen Kesehatan RI. Pedoman obat bebas dan obat bebas terbatas. Jakarta: Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan; 2007.
BPS. Profil statistik kesehatan Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik; 2014. p. 9-10.
Suryawati S, Santoso B. Drug advertisements: a critical lesson for Indonesian students. Essential Drugs Monitor. 1997;23(23):240. http://dx.doi.org/10.14499/indonesianjpharm0iss0pp286-292.
Sukasediati N. Peningkatan mutu pengobatan sendiri menuju kesehatan untuk semua, farmasi. Jakarta: Badan Litbangkes Departemen Kesehatan; 2000.
Dianawati O, Fasich, Athiyah U. Hubungan persepsi terhadap iklan di televisi dengan perilaku swamedikasi pelajar SMU negeri di Surabaya. Majalah Farmasi Airlangga. 2008;6(1):10-16.
Setiyowati N. Daya tarik iklan produk rokok gudang garam merah di media televisi [Undergraduate Thesis]. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Univeritas Islam Indonesia; 2008.
Chairun W, Nia P, Warastuti. Iklan obat bebas: evaluasi dan implementasi metode cema-community. Majalah Farmasi Indonesia. 2011;22(4):286-292.
Depkes Republik Indonesia. Keputusan menteri kesehatan Republik Indonesia nomor 86/Menkes/SK/IV/1994 tentang pedoman periklanan obat bebas, obat tradisional, alat kesehatan, kosmetika, perbekalan kesehatan rumah tangga dan makanan minuman. Jakarta: Depkes RI; 1994.
Benardi A, Andrew D, Fritz OS, Raynaldo A, Septian BD. Pengaruh iklan obat terhadap keinginan membeli konsumen pada obat bebas resep. Indonesian Business Review. 2019;2(1):195-213.
Mardiati N, Robiatul I, Rahmayanti F. Pengaruh iklan obat flu di televisi terhadap perilaku swamedikasi. Jurnal Riset Kefarmasian Indonesia. 2021;3(1):35-44. https://doi.org/10.33759/jrki.v3i1.103.
Dipiro JT, Talbert Rl, Yee Gc, Matzke Gr. Pharmacotherapy – a pathophysiologic approach, 7th edition. New York: Mc Graw Hill Medical; 2008.
Handayani R. Peningkatan pengetahuan ibu-ibu rumah tangga dalam perilaku pengobatan sendiri untuk penatalaksanaan demam dengan metode cara belajar ibu aktif. Borneo Journal of Pharmacy. 2018;1(1):27-30.
Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta; 2010.
Notoatmojo S. Promosi kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jakarta: PT. Rineka Cipta; 2007. p. 133-189
Singarimbun M, Effendi S. Metodologi penelitian survey, edisi revisi. Jakarta: Penerbit Pustaka LP3ES Indonesia; 2006.
Hidajah R. Pengaruh iklan obat flu di televisi terhadap pemilihan obat secara swamedikasi pada masyarakat di Malang. Farmasains Jurnal Farmasi dan Ilmu Kesehatan. 2011;1(2):1-11.
Kristina SA, Prabandari YS, Sudjaswadi R. Perilaku pengobatan sendiri yang rasional pada masyarakat. Berita Kedokteran Masyarakat. 2007;23(4):176-183.
Paho. Drug classification and otc drugs. Washington, DC: Pan American Health Organization; 2004.
Hermawati D. Pengaruh edukasi terhadap tingkat pengetahuan dan rasionalitas penggunaan obat swamedikasi pengunjung di dua apotek kecamatan Cimanggis, Depok [Undergraduate Thesis]. Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia; 2012.
Pramudyaningsih Nr. Pengaruh penggunaan selebriti dalam iklan terhadap minat beli konsumen pelembab muka Pond’s di kota Semarang [Undergraduate Thesis]. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro; 2013