Panduan Penulisan

 

TUJUAN DAN CAKUPAN JURNAL

Jurnal Sains Farmasi & Klinis (JSFK) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Farmasi Universitas Andalas sejak 2014. Peningkatan kuantitas penelitian di bidang sains farmasi dan farmasi klinis serta tingginya kebutuhan informasi yang saintifik di bidang kesehatan memerlukan wadah yang mampu menjadi sarana untuk memfasilitasi hal tersebut. Tingginya tuntutan untuk menghadirkan informasi ilmiah yang berkualitas mengharuskan naskah penelitian diterbitkan dengan proses editorial dan review yang cermat sehingga mampu menjadi referensi yang dapat diandalkan. JSFK dengan kinerja editorial yang efektif dan efisien menyediakan forum bagi peneliti dan praktisi farmasi untuk mengeksplorasi dan melaporkan penelitian dan bahasan penting seputar kefarmasian. 

JSFK menerima naskah penelitian (research article) dan review (review article) dalam 2 area utama di bidang farmasi: Sains Farmasi dan Farmasi Komunitas & Klinis. Dalam bidang sains farmasi, naskah penelitian yang diterima meliputi Biologi Farmasi dan Farmakognosi, Kimia Farmasi, Farmasetika, Farmakologi dan Toksikologi, dan juga Bioteknologi. Sedangkan area Farmasi Komunitas dan Klinis mencakup Farmasi Rumah Sakit, Farmasi Klinis, Farmasi Komunitas, Manajemen Farmasi, dan Farmasi Sosial. Setiap naskah yang diserahkan akan melalui proses peer review untuk dapat diterbitkan.

 

ETIKA PUBLIKASI 

Naskah yang diajukan penulis adalah naskah yang belum pernah diterbitkan di media lain, baik cetak maupun elektronik, dan tidak sedang dalam pengajuan untuk diterbitkan pada penerbit lain. Jika sudah pernah disajikan dalam suatu pertemuan ilmiah hendaknya diberi keterangan yang jelas mengenai nama, tempat, dan waktu berlangsungnya pertemuan tersebut.

Naskah yang diajukan adalah naskah yang sudah disetujui oleh semua penulis (author dan co-author). Penulis bertanggung jawab penuh terhadap konten yang ada di dalam naskah, termasuk juga nama-nama yang dicantumkan sebagai co-author. Dengan mengirimkan naskah kepada JSFK, penulis dianggap sudah setuju bahwa naskah yang dikirimkan tersebut adalah naskah yang sudah disetujui oleh semua co-author sehingga tidak ada komplain yang disampaikan oleh co-author kepada JSFK.

Naskah dari penelitian yang menggunakan manusia atau hewan percobaan harus lolos dari kajian etik penelitian dari lembaga berwenang. Penulis diharuskan untuk menuliskan pernyataan ini dan mencantumkan nomor surat lolos etik tersebut pada bagian “Metode Penelitian”.

Naskah yang bersumber dari penelitian yang mendapatkan bantuan dana (dari institusi, pemerintah, atau pihak lain) harus dinyatakan dengan jelas pada bagian “Ucapan Terima Kasih”, lengkap dengan nomor kontraknya (jika tersedia).

HAK CIPTA, JENIS AKSES & LISENSI 

Hak cipta dari naskah yang diterbitkan ada pada Penulis, sedangkan JSFK diberikan hak untuk mempublikasikan dan memperbanyak sebagian maupun keseluruhannya. Semua artikel yang diterbitkan JSFK merupakan konten dengan akses terbuka (open access) mengikuti lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) 

  • Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  • Penulis diizinkan dan didorong untuk menyimpan artikelnya pada repositori institusional atau di website mereka, maupun repository online lainnya setelah artikel diterbitkan di JSFK.

 

PENYIAPAN NASKAH

Format Umum

Naskah disiapkan secara elektronik pada dokumen berukuran A4 dengan margin 3 cm pada seluruh sisi. Huruf yang digunakan adalah Arial dengan ukuran 12 pts dan spasi 1,5. Naskah harus ditulis pada dokumen template artikel dengan aplikasi Microsoft Office Word (ekstensi .doc atau .docx)

Bahasa 

JSFK menerima naskah dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Naskah harus ditulis mengikuti kaidah bahasa yang baik dan benar. Naskah yang ditulis dalam Bahasa Inggris sedapat mungkin sudah menerima layanan editing/proofreading profesional sebelum diserahkan untuk mengantisipasi kesalahan tata bahasa mencakup  spelling, word usage, grammar, dan puctuation.

Komponen dalam Naskah

  • Judulditulis bilingual dengan sentence case dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris; singkat dan jelas dan mencerminkan isi naskahdan masing-masing tidak lebih dari 18 kata
  • Abstrak: ditulis bilingual dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris; jumlah kata 150- 200; memuat latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan; dilengkapi dengan 4-6 kata kunci/keywords. Singkatan harus disertai dengan kepanjangannya pada awal kemunculannya.
  • Sistematika NaskahNaskah “Artikel Penelitian” dipersiapkan dengan sistematika sebagai berikut: Judul; Abstrak; Pendahuluan; Metode Penelitian; Hasil dan Diskusi; Kesimpulan; Ucapan Terima Kasih (jika diperlukan); Referensi; Tabel; dan Gambar (sesuai dengan template). Untuk naskah “Artikel Review”, bagian Metode Penelitian; Hasil dan Diskusi, serta Kesimpulan dapat diganti dengan subjudul lain mengikuti alur/topik review yang ditulis
  • Sitasi dan Referensi: Rujukan kepustakaan di dalam naskah dibuat dengan sistem nomor yang diletakkan dalam tanda kurung siku [ ]. Daftar Pustaka ditulis dengan format Vancouver yang sudah disesuaikan dengan format yang JSFK. Klik di sini untuk info lengkap.

Naskah yang disiapkan tidak boleh mengandung identitas penulis. Hal ini karena JSFK memberlakukan kebijakan double blind review. Nama dan afiliasi penulis (author dan coauthor) dituliskan pada bagian metadata naskah di website pada saat naskah di-submit secara online.

Judul dan Abstrak Bahasa Inggris

  • Judul dalam versi bahasa Inggris harus dituliskan di dalam naskah. Untuk judul yang mengandung nama daerah, harus dilengkapi dengan kata “Indonesia”
  • Abstrak bahasa Inggris harus ditulis dengan menggunakan tenses (tipe kalimat) yang sesuai. Klik di sini untuk info lengkap.

Metode Penelitian

  • Metode penelitian harus dibagi menjadi beberapa sub-judul yang sesuai dengan topik dan jenis penelitian. Beberapa contoh sub-judul yang relevan misalnya: 
    • Untuk penelitian eksperimental: Bahan; Penyiapan ekstrak tanaman; Karakterisasi ekstrak; Peyiapan hewan percobaan; Evaluasi aktivitas antidiabetes; Analisis data; dsb
    • Untuk penelitian observasional: Rancangan penelitian; Populasi dan sampel; Analisis data; Penarikan kesimpulan; dsb 
  • Nama alat yang dicantumkan hanyalah instrumen utama di dalam penelitian. Alat-alat umum seperti alat gelas, alat suntik, timbangan, dan sejenisnya tidak perlu dicantumkan. 
  • Alat dicantumkan pada bagian subbagian metode penelitian atau prosedur yang sesuai (tidak dibuatkan pada paragraf khusus yang diberi subjudul “Alat”). Setiap nama alat harus disertai dengan merk dan negara produsennya yang ditulis di dalam tanda kurung.  

Tabel dan Gambar

Tabel harus memenuhi ketentuan berikut:

  • Tabel diberi border/garis lengkap, baik pada bagian dalam antar kolom dan baris, maupun pada bagian luar (all borders)
  • Semua tabel diberi nomor (Tabel 1, 2, dst) secara berurut yang dilanjutkan dengan judul tabel dan ditempatkan pada bagian atas tabel 
  • Judul tabel dibuat ringkas yang mendeskripsikan isi tabel secara jelas. Judul ditulis dengan sentence case (Huruf kapital pada awal kalimat judul)
  • Simbol atau singkatan di dalam tabel hanya diperkenankan jika dilengkapi dengan keterangan pada bagian bawah tabel
  • Setiap tabel yang dicantumkan harus disitasi di dalam naskah dan diberi garis bawah (Contoh: “...seperti yang tercantum di dalam Tabel 1”; “Tabel 3 menunjukkan hasil pengukuran...”)
  • Masing-masing gambar ditempatkan pada halaman tersendiri setelah Referensi (sesuai template).

Gambar dan Grafik

  • Dipersiapkan dengan ukuran resolusi yang cukup sehingga gambar terlihat dengan jelas/baik pada hasil akhir penerbitan.
  • Semua gambar diberi nomor (Gambar 1, 2, dst) secara berurut yang dilanjutkan dengan keterangan gambar (captiondan ditempatkan pada bagian bawah gambar.
  • Keterangan gambar ditulis dengan Sentence case (huruf kapital di awal kalimat). 
  • Gambar berupa grafik (chart) harus disertai dengan axis title horizontal (sumbu x) dan vertikal (sumbu y) yang jelas dan dicetak tebal (bold). Grafik juga harus disertai legend jika diperlukan.
  • Simbol dan singkatan yang terdapat pada gambar harus dijelaskan pada keterangan gambar.
  • Gambar berupa mikrofoto (seperti hasil mikroskop dan sejenisnya) harus disertai dengan informasi perbesaran (magnification) pada keterangan gambar.
  • Setiap gambar harus disitasi di dalam naskah dan diberi garis bawah (Contoh: “...seperti yang diperlihatkan oleh Gambar 2”; “Gambar 4 menunjukkan spektrum...”).
  • Masing-masing gambar ditempatkan pada halaman tersendiri setelah tabel (sesuai template).

Referensi

  • JSFK senantiasa menyarankan penggunaan literatur bereputasi dan terbaru dengan jumlah minimal 20 rujukan dengan mengutamakan literatur primer (seperti artikel jurnal) dibandingkan dengan literatur sekunder. Penulis diminta hanya menggunakan literatur primer yang terindeks oleh Google Scholar dan sedapat mungkin memiliki nomor DOI dalam rangka mempermudah verifikasi referensi
  • Minimal 30% rujukan merupakan sumber yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir
  • Referensi berupa halaman website hanya diizinkan untuk tulisan yang bersumber dari website suatu organisasi/lembaga resmi, atau layanan online bereputasi. 
  • JSFK menggunakan teknik sitasi dan referensi dengan basis style Vancouver yang dimodifikasi. Citation style JSFK dapat diunduh pada repository Zotero dengan alamat https://www.zotero.org/styles/jurnal-sains-farmasi-dan-klinis. Citation style ini juga dapat diimplementasikan secara otomatis dengan menggunakan aplikasi Mendeley. Penulis sangat disarankan untuk memanfaatkan aplikasi reference manager dalam mempersiapkan naskah.
  • Contoh penulisan referensi:
    • Artikel Jurnal

Lin HY, Lee YT, Chan YW, Tse G. Animal models for the study of primary and secondary hypertension in humans. Biomed Rep. 2016;5(6):653-9. https://doi.org/10.3892/br.2016.784 

    • Buku

Lawhead JB, Baker MC. Introduction to veterinary science. Clifton Park (NY): Thomson Delmar Learning; 2005. 

    • Chapter pada Buku yang Memiliki Editor

Meltzer PS, Kallioniemi A, Trent JM. Chromosome alterations in human solid tumors. In: Vogelstein B, Kinzler KW, editors. The genetic basis of human cancer. New York: McGraw-Hill; 2002. p. 93-113.

    • Skripsi/tesis/disertasi

Agustin P. Pengaruh Pemberian Nanokristal Kuersetin terhadap Gagal Ginjal Akut yang Diinduksi dengan Gentamisin [Skripsi]. Padang: Fakultas Farmasi Universitas Andalas; 2017. 

    • Artikel Online

Pullen LC. Antibiotic Resistance Continues to be a Problem in Children [Internet]. Medscape. 2017 [cited 29 December 2017]. Available from: https://www.medscape.com/viewarticle/860801

Pengecekan sebelum Penyerahan Naskah

Untuk efektivitas dan efisiensi proses penerbitan, Penulis disarankan untuk membaca tips penyiapan naskah dan checklist sebelum submit yang dapat diakses di website: 

 

PENYERAHAN NASKAH 

Dengan menyerahkan naskah kepada JSFK, Penulis dianggap setuju dan memenuhi semua etika publikasi dan persetujuan hak cipta naskah yang tercantum pada panduan untuk penulis. 

Naskah diserahkan/submit secara online melalui website http://jsfk.ffarmasi.unand.ac.id dengan terlebih dahulu membuat akun pengguna (pilih opsi “Penulis”). Naskah yang diserahkan adalah naskah yang sudah mengikuti panduan penulisan. Naskah yang tidak memenuhi semua instruksi di dalam panduan penulisan akan dikembalikan kepada Penulis untuk diperbaiki dan diserahkan kembali. 

PROSES REVIEW DAN PENERBITAN

Skrining Naskah

Naskah yang masuk akan diperiksa oleh Editor untuk dilakukan proses skrining terhadap unsur 1) bobot penelitian2) plagiarisme, dan 3) kesusuaian tata tulis. Skrining terhadap plagiarisme dilakukan dengan menggunakan aplikasi Turnitin dengan batas maksimal 30% similarityNaskah yang lolos pada ketiga skrining tersebut akan diteruskan menuju proses peer-review, sedangkan naskah yang tidak lolos pada skrining bobot penelitian dan/atau skirning plagiarisme akan ditolak. Editor dapat memutuskan untuk menolak naskah tanpa melalui proses peer review

Peer-review

JSFK melakukan proses peer review terhadap naskah dengan metode double blind-review, dimana reviewer tidak mengetahui identitas penulis dan penulis juga tidak mengetahui identitas reviewer. Satu naskah direview oleh setidaknya 2 orang reviewer. Editor dapat menambah reviewer jika dianggap perlu. Keputusan terhadap naskah diberikan oleh editor dengan mempertimbangkan rekomendasi dan saran dari reviewer.

Editing

Naskah yang sudah dinyatakan diterima selanjutnya diteruskan kepada proses copyediting yang dikerjakan oleh Editor khusus copyediting. Copyediting merupakan proses koreksi terhadap tata bahasa, tata tulis (tipografi) dan format penulisan lain sesuai dengan standar penerbitan JSFK. Setelah tahap ini, Penulis diminta untuk melakukan review copyediting dan memberikan koreksi (jika diperlukan) terhadap naskah yang sudah melewati tahap copyediting oleh Editor. 

Naskah yang sudah melewati tahap copyediting akan diteruskan ke proses lay-out yang dikerjakan oleh Editor khusus Lay-out. JSFK menggunakan layout khusus untuk semua naskah yang akan diterbitkan sehingga diperoleh dokumen PDF interaktif dengan format yang sudah ditentukan.

Naskah dalam bentuk dokumen PDF yang sudah selesai di-layout akan dikirimkan kepada penulis dan Editor untuk proses proofreading. Penulis diminta untuk melakukan pemeriksaan terhadap dokumen proofreading version dan menuliskan catatan koreksi pada dokumen PDF tersebut. Catatan koreksi ditulis dengan memanfaatkan fitur “highlight” dan/atau “comment” dengan menggunakan aplikasi Adobe ReaderAcrobat Reader DC; dan sejenisnya. Dokumen PDF yang sudah selesai diberikan catatan koreksi harus dikirimkan kembali kepada Editor untuk proses perbaikan artikel versi final.

Naskah yang sudah selesai diperbaiki oleh Editor Layout berdasarkan koreksi pada proses proofreading oleh penulis akan dimasukkan ke dalam daftar terbitan pada Volume dan Nomor yang sesuai. Artikel tersebut akan dapat diakses secara online jika jurnal dengan volume dan nomor tersebut sudah diterbitkan.

Keseluruhan proses review termasuk juga proses korespondensi penulis dengan editor maupun reviewer dilakukan melalui website JSFK yang menggunakan platform OJS (Open Journal System)

ALOKASI/BATAS WAKTU PENGERJAAN BAGI PENULIS

JSFK senantiasa berusaha menyelesaikan proses penerbitan naskah dalam waktu sesingkat mungkin tanpa mengesampingkan kualitas terbitan. Oleh karena itu, dalam rangka efisiensi proses penerbitan, JSFK menetapkan batas waktu bagi Penulis untuk menindaklanjuti setiap permintaan dari Editor terkait dengan pengerjaan naskah. Untuk tahap skrining dan review, batas waktu pengerjaan bagi Penulis adalah 14 hari, sedangkan untuk tahap editing dan proofreading, batas waktunya adalah 3 hari. Respon dari Penulis yang melewati batas waktu yang diberikan dapat menyebabkan penundaan penerbitan hingga naskah ditolak. 

BIAYA PENERBITAN

JSFK tidak mengenakan biaya penyerahan naskah (zero submission fee). Biaya penerbitan (article processing charge) hanya dikenakan kepada naskah yang sudah melewati proses review dan dinyatakan diterima untuk diterbitkan, yaitu sebesar  Rp 1.200.000,-. Pembayaran dilakukan setelah penulis menerima instruksi pembayaran dari editor. JSFK tidak memiliki waiver policy. Setiap naskah yang dinyatakan diterima akan diteruskan menuju proses editing hanya setelah biaya penerbitan artikel diterima.

 

last updated: Nov 5, 2020

Unduh panduan ini sebagai PDF