Korelasi Iklan Obat Demam di Televisi Terhadap Pemilihan Obat pada Swamedikasi
Abstrak
[A1]Bagaimana menjelaskan hasil analisis dari korelasi spearman
[A2]Sudah direvisi
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
World Health Organization (WHO). The role of the pharmacist in self-care and self-medication. Geneva: WHO; 1998.
Departemen Kesehatan RI. Pedoman obat bebas dan obat bebas terbatas. Jakarta: Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan; 2007.
BPS. Profil statistik kesehatan Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik; 2014. p. 9-10.
Suryawati S, Santoso B. Drug advertisements: a critical lesson for Indonesian students. Essential Drugs Monitor. 1997;23(23):240. http://dx.doi.org/10.14499/indonesianjpharm0iss0pp286-292.
Sukasediati N. Peningkatan mutu pengobatan sendiri menuju kesehatan untuk semua, farmasi. Jakarta: Badan Litbangkes Departemen Kesehatan; 2000.
Dianawati O, Fasich, Athiyah U. Hubungan persepsi terhadap iklan di televisi dengan perilaku swamedikasi pelajar SMU negeri di Surabaya. Majalah Farmasi Airlangga. 2008;6(1):10-16.
Setiyowati N. Daya tarik iklan produk rokok gudang garam merah di media televisi [Undergraduate Thesis]. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Univeritas Islam Indonesia; 2008.
Chairun W, Nia P, Warastuti. Iklan obat bebas: evaluasi dan implementasi metode cema-community. Majalah Farmasi Indonesia. 2011;22(4):286-292.
Depkes Republik Indonesia. Keputusan menteri kesehatan Republik Indonesia nomor 86/Menkes/SK/IV/1994 tentang pedoman periklanan obat bebas, obat tradisional, alat kesehatan, kosmetika, perbekalan kesehatan rumah tangga dan makanan minuman. Jakarta: Depkes RI; 1994.
Benardi A, Andrew D, Fritz OS, Raynaldo A, Septian BD. Pengaruh iklan obat terhadap keinginan membeli konsumen pada obat bebas resep. Indonesian Business Review. 2019;2(1):195-213.
Mardiati N, Robiatul I, Rahmayanti F. Pengaruh iklan obat flu di televisi terhadap perilaku swamedikasi. Jurnal Riset Kefarmasian Indonesia. 2021;3(1):35-44. https://doi.org/10.33759/jrki.v3i1.103.
Dipiro JT, Talbert Rl, Yee Gc, Matzke Gr. Pharmacotherapy – a pathophysiologic approach, 7th edition. New York: Mc Graw Hill Medical; 2008.
Handayani R. Peningkatan pengetahuan ibu-ibu rumah tangga dalam perilaku pengobatan sendiri untuk penatalaksanaan demam dengan metode cara belajar ibu aktif. Borneo Journal of Pharmacy. 2018;1(1):27-30.
Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta; 2010.
Notoatmojo S. Promosi kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jakarta: PT. Rineka Cipta; 2007. p. 133-189
Singarimbun M, Effendi S. Metodologi penelitian survey, edisi revisi. Jakarta: Penerbit Pustaka LP3ES Indonesia; 2006.
Hidajah R. Pengaruh iklan obat flu di televisi terhadap pemilihan obat secara swamedikasi pada masyarakat di Malang. Farmasains Jurnal Farmasi dan Ilmu Kesehatan. 2011;1(2):1-11.
Kristina SA, Prabandari YS, Sudjaswadi R. Perilaku pengobatan sendiri yang rasional pada masyarakat. Berita Kedokteran Masyarakat. 2007;23(4):176-183.
Paho. Drug classification and otc drugs. Washington, DC: Pan American Health Organization; 2004.
Hermawati D. Pengaruh edukasi terhadap tingkat pengetahuan dan rasionalitas penggunaan obat swamedikasi pengunjung di dua apotek kecamatan Cimanggis, Depok [Undergraduate Thesis]. Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia; 2012.
Pramudyaningsih Nr. Pengaruh penggunaan selebriti dalam iklan terhadap minat beli konsumen pelembab muka Pond’s di kota Semarang [Undergraduate Thesis]. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro; 2013
DOI: https://doi.org/10.25077/jsfk.8.3.271-278.2021
Article Metrics
Abstract view : 248 timesPDF view/download : 190 times
Jurnal Sains Farmasi & Klinis (J Sains Farm Klin) | p-ISSN: 2407-7062 | e-ISSN: 2442-5435
Diterbitkan oleh Fakultas Farmasi Universitas Andalas bekerjasama dengan Ikatan Apoteker Indonesia - Daerah Sumatera Barat
