Pengembangan Instrumen Penilaian Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit

Dedy Almasdy, Yulihasri Yulihasri, Dila Deria Putri

Abstrak


Telah dilakukan pengembangan insrumen untuk pengukuran kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan oleh suatu rumah sakit. Instrumen terdiri atas dua dimensi yaitu penjelasan yang bersahabat (friendly explanation) dan pengelolaan terapi (managing theraphy). Hasil pengembangan didapatkan suatu instrumen dengan tingkat kesepahaman yang cukup baik (ĸ = 0.53), valid (r > 0,632) dan reliabel (cronbach alpha = 0,97)

Kata Kunci


pengembangan instrumen, kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, farmasi rumah sakit

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29208/jsfk.2015.1.2.32

Article Metrics

Abstract view : 721 times
PDF view/download : 1772 times



Jurnal Sains Farmasi & Klinis (J Sains Farm Klin) | p-ISSN: 2407-7062 | e-ISSN: 2442-5435

Diterbitkan oleh Fakultas Farmasi Universitas Andalas bekerjasama dengan Ikatan Apoteker Indonesia - Daerah Sumatera Barat 

       

 JSFK is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.