Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Sains Farmasi & Klinis (J Sains Far Klin) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Ikatan Apoteker Indonesia - Daerah Sumatera Barat yang menerima artikel penelitian (original research paper) dalam 2 area utama di bidang farmasi: Sains Farmasi dan Farmasi Komunitas dan Klinis.

Dalam bidang sains farmasi, artikel penelitian yang diterima meliputi

  • Biologi Farmasi
  • Farmakognosi
  • Kimia Farmasi
  • Farmasetika
  • Farmakologi
  • Toksikologi
  • Bioteknologi 

Sedangkan area Farmasi Komunitas dan Klinis mencakup

  • Farmasi Rumah Sakit
  • Farmasi Klinis
  • Farmasi Komunitas
  • Manajemen Farmasi
  • Farmasi Sosial

JSFK diterbitkan secara online dan juga menerima cetak lepas dengan frekuensi terbit 3 kali setahun setiap April, Agustus dan Desember.

 

Kebijakan Bagian

Articles

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Naskah yang masuk akan diperiksa oleh Editor untuk dilakukan proses review terhadap unsur plagiarisme, bobot penelitian dan kesusuaian tata tulis. Naskah yang lolos pada ketiga persyaratan tersebut akan diteruskan menuju proses peer-review, sedangkan naskah yang tidak ditulis mengikuti panduan penulisan akan dikembalikan untuk diperbaiki. Naskah yang tidak lolos pada skrining plagiarisme atau naskah yang tidak tercakup ke dalam fokus dan cakupan jurnal akan ditolak.

JSFK melakukan proses review terhadap naskah secara double blind-review, dimana reviewer tidak mengetahui identitas penulis dan penulis juga tidak mengetahui identitas reviewer.

Satu artikel direview oleh setidaknya 2 orang reviewer. Dewan Editor akan menambah reviewer jika salah satu reviewer sebelumnya memberikan rekomendasi akhir untuk menolak artikel.

Apabila diperlukan, naskah akan diberi catatan dan komentar oleh Reviewer/Editor dan akan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi jika diperlukan. Proses review dan revisi akan dilakukan sampai artikel dinyatakan diterima untuk diterbitkan.

Untuk dapat melanjutkan proses penerbitan berikutnya, penulis diharuskan membayar biaya penerbitan artikel. Jika diperlukan oleh Penulis, Editor dapat menerbitkan surat bukti penerimaan artikel (Letter of Acceptance) setelah pembayaran dilakukan dan bukti pembayaran diterima.

Naskah yang sudah dinyatakan diterima selanjutnya akan diteruskan kepada proses copyediting. Dalam tahap ini, author diminta untuk melakukan pemeriksaan terhadap naskah terutama terkait dengan penggunaan tata tulis yang baik sesuai dengan kaidah bahasa yang benar. Pada tahap ini penulis diminta untuk melakukan perbaikan terhadap naskah dengan pola yang tidak bagus; kalimat yang mengandung multiinterpretasi; penggunaan tanda baca yang tidak benar; penggunaan kata depan yang tidak benar; dan permasalahan tata bahasa lainnya.

Naskah yang sudah melewati tahap copyediting akan diteruskan ke proses layout yang akan dikerjakan oleh layout editor.

Naskah dalam bentuk dokumen PDF yang sudah selesai di-layout (proofreading version) akan dikirimkan kepada penulis untuk proses proofreading. Penulis diminta untuk melakukan pemeriksaan terhadap dokumen proofreading version dan menuliskan catatan koreksi pada dokumen PDF tersebut. Catatan koreksi ditulis dengan memanfaatkan fitur “highlight” dan/atau “comment” dengan menggunakan aplikasi Adobe Reader; Acrobat Reader DC; dan sejenisnya. Dokumen PDF yang sudah selesai diberikan catatan koreksi harus dikirimkan kembali kepada Editor untuk proses perbaikan artikel versi final.

Naskah yang sudah selesai diperbaiki oleh Editor Layout berdasarkan koreksi pada proses proofreading oleh penulis akan dimasukkan ke dalam daftar terbitan pada Volume dan Nomor yang sesuai. Artikel tersebut akan dapat diakses secara online jika jurnal dengan volume dan nomor tersebut sudah diterbitkan.

Keseluruhan proses review termasuk juga proses korespondensi penulis dengan editor maupun reviewer dilakukan melalui website JSFK yang menggunakan platform OJS (Open Journal System)

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal Sains Farmasi & Klinis menerbitkan jurnal sebanyak 3 kali dalam setiap tahun, yaitu pada bulan April, Agustus, dan Desember. Artikel-artikel di dalam jurnal ini diterbitkan secara kolektif sebagai bagian dari suatu nomor terbitan yang dilengkapi dengan Daftar Isi.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal Sains Farmasi & Klinis menerbitkan artikel open access yang dapat dibaca oleh siapa saja sebagai bentuk dukungan terhadap penyebaran dan pertukaran ilmu pengetahuan secara global.

 

Pengarsipan

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...