Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Sains Farmasi & Klinis (JSFK) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Farmasi Universitas Andalas sejak 2014. Peningkatan kuantitas penelitian di bidang sains farmasi dan farmasi klinis serta tingginya kebutuhan informasi yang saintifik di bidang kesehatan memerlukan wadah yang mampu menjadi sarana untuk memfasilitasi hal tersebut. Tingginya tuntutan untuk menghadirkan informasi ilmiah yang berkualitas mengharuskan naskah penelitian diterbitkan dengan proses editorial dan review yang cermat sehingga mampu menjadi referensi yang dapat diandalkan. JSFK dengan kinerja editorial yang efektif dan efisien menyediakan forum bagi peneliti dan praktisi farmasi untuk mengeksplorasi dan melaporkan penelitian dan bahasan penting seputar kefarmasian.

JSFK menerima naskah penelitian (research article) dan review (review article) dalam 2 area utama di bidang farmasi: Sains Farmasi dan Farmasi Komunitas & Klinis. Dalam bidang sains farmasi, naskah penelitian yang diterima meliputi Biologi Farmasi dan Farmakognosi, Kimia Farmasi, Farmasetika, Farmakologi dan Toksikologi, dan juga Bioteknologi. Sedangkan area Farmasi Komunitas dan Klinis mencakup Farmasi Rumah Sakit, Farmasi Klinis, Farmasi Komunitas, Manajemen Farmasi, dan Farmasi Sosial. Setiap naskah yang diserahkan akan melalui proses peer review untuk dapat diterbitkan.

 

Kebijakan Bagian

Editorial

Tidak Dicentang Naskah Terbuka Centang Diindeks Tidak Dicentang Telah di-Peer review

Artikel Review

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

Artikel Penelitian

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Skrining Naskah

Naskah yang masuk akan diperiksa oleh Editor untuk dilakukan proses skrining terhadap unsur 1) bobot penelitian, 2) plagiarisme, dan 3) kesusuaian tata tulis. Skrining terhadap plagiarisme dilakukan dengan menggunakan aplikasi Turnitin dengan batas maksimal 30% similarity. Naskah yang lolos pada ketiga skrining tersebut akan diteruskan menuju proses peer-review, sedangkan naskah yang tidak lolos pada skrining bobot penelitian dan/atau skirning plagiarisme akan ditolak. Editor dapat memutuskan untuk menolak naskah tanpa melalui proses peer review

Peer-review

JSFK melakukan proses peer review terhadap naskah dengan metode double blind-review, dimana reviewer tidak mengetahui identitas penulis dan penulis juga tidak mengetahui identitas reviewer. Satu naskah direview oleh setidaknya 2 orang reviewer. Editor dapat menambah reviewer jika dianggap perlu. Keputusan terhadap naskah diberikan oleh editor dengan mempertimbangkan rekomendasi dan saran dari reviewer.

Editing

Naskah yang sudah dinyatakan diterima selanjutnya diteruskan kepada proses copyediting yang dikerjakan oleh Editor khusus copyediting. Copyediting merupakan proses koreksi terhadap tata bahasa, tata tulis (tipografi) dan format penulisan lain sesuai dengan standar penerbitan JSFK. Setelah tahap ini, Penulis diminta untuk melakukan review copyediting dan memberikan koreksi (jika diperlukan) terhadap naskah yang sudah melewati tahap copyediting oleh Editor.

Naskah yang sudah melewati tahap copyediting akan diteruskan ke proses lay-out yang dikerjakan oleh Editor khusus Lay-out. JSFK menggunakan layout khusus untuk semua naskah yang akan diterbitkan sehingga diperoleh dokumen PDF interaktif dengan format yang sudah ditentukan.

Naskah dalam bentuk dokumen PDF yang sudah selesai di-layout akan dikirimkan kepada penulis dan Editor untuk proses proofreading. Penulis diminta untuk melakukan pemeriksaan terhadap dokumen proofreading version dan menuliskan catatan koreksi pada dokumen PDF tersebut. Catatan koreksi ditulis dengan memanfaatkan fitur “highlight” dan/atau “comment” dengan menggunakan aplikasi Adobe Reader; Acrobat Reader DC; dan sejenisnya. Dokumen PDF yang sudah selesai diberikan catatan koreksi harus dikirimkan kembali kepada Editor untuk proses perbaikan artikel versi final.

Naskah yang sudah selesai diperbaiki oleh Editor Layout berdasarkan koreksi pada proses proofreading oleh penulis akan dimasukkan ke dalam daftar terbitan pada Volume dan Nomor yang sesuai. Artikel tersebut akan dapat diakses secara online jika jurnal dengan volume dan nomor tersebut sudah diterbitkan.

Keseluruhan proses review termasuk juga proses korespondensi penulis dengan editor maupun reviewer dilakukan melalui website JSFK yang menggunakan platform OJS (Open Journal System)

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal Sains Farmasi & Klinis menerbitkan jurnal sebanyak 3 kali dalam setiap tahun, yaitu pada bulan April, Agustus, dan Desember. Artikel-artikel di dalam jurnal ini diterbitkan secara kolektif sebagai bagian dari suatu nomor terbitan yang dilengkapi dengan Daftar Isi.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal Sains Farmasi & Klinis (JSFK) menerbitkan artikel open access yang dapat dibaca oleh siapa saja sebagai segera setelah diterbitkan (no embargo period).  Pembaca tidak perlu membuat akun untuk dapat mengakses semua artikel yang diterbitkan. Kebijakan ini adalah sebagai bentuk dukungan terhadap penyebaran dan pertukaran ilmu pengetahuan secara global.

 

Pengarsipan

JSFK utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

JSFK is also archiving the whole articles on the website of Repository of Andalas University (Repositori Universitas Andalas). This website can be accessed at http://repo.unand.ac.id/